Tuesday, July 04, 2006

berusaha tuk lebih baik!

Beberapa hari ini aku akan menghadapi ujian akhir semester. Aku sekarang baru menempuh semester 2 jadi masih kadang menyepelekan dengan ujian macam gitu...

Ujian di universitas emang beda dengan ujian seperti pas sma dulu, selain jadwal yang berbeda, juga bentuk ujiannya. di sma mana ada ujian yang open book?! enak dong kalo gitu... selain itu, di sma paling2 pas ujian hanya bermodalkan pensil 2B dan satu karet penghapus sudah cukup, sambil menghitung kancing baju jawaban bisa didapat. tapi di universitas aku belum pernah menjumpai ujian dengan model multiple choice, semuanya pasti essay, ya kalo ga tau jawabannya, ya kertasnya hampa...

kecuali, beberapa temenku yang bisa membuat jaringan ketika ujian, saling bahu membahu untuk mengerjakan soal ujian, "saling menolong dalam mencapai kebaikan", begitulah guyonan mereka. belajar pas ujian bagi beberapa orang adalah hal terbaik yang bisa mereka lakukan, tanpa belajar, mereka bisa dengan mudah mendapatkan jawaban. kelakukan ini ketika sudah menjadi kebiasaan emang sulit untuk ditinggalkan, ketika ujian kok nggak liat sana sini, nggak nglirik kanan kiri rasanya ga afdhol, makanya sebelum menjadi kebiasaan, "mencontek" emang harus ditinggalkan.

lanjut ke masalah ujian, setelah merampungkan ujian 3 matakuliah, aku libur selama 3 hari sebelum menempuh ujian selanjutnya. karena waktunya ga mepet, aku belajar sedikit demi sedikit, kebetulan aku merasa bahwa matakuliah yang akan diujikan sudah cukup kukuasai.

perasaan bahwa aku telah menguasai materi matakuliah itulah yang kemudian mengendorkan semangatku untuk belajar dan berlatih, karena matakuliah itu adalah pemrograman maka akan sangat baik kalo berlatih juga. sambil tidur2an aku biasanya belajar, mungkin baru beberapa menit, aku sudah berada di alam yang lain, alam mimpi!!! dan bangun dengan kaget "wah, aku ketiduran to?!", mungkin syetan2 mengejekku, "bukannya sengaja tidur mas?!"

Hari ujian pun tiba, aku pun datang ke ruang ujian setelah malemnya tanya ke temenku besok ujiannya jam berapa dan di ruang mana, maklum... aku ga punya jadwal ujian. setelah sedikit menunggu, pengawas mempersilakan aku dan temen2 untuk masuk ke ruang ujian.

aku lihat ternyata soalnya 4, essay tentunya. langsung kupilih soal yang paling mudah, 2 soal alhamdulillah bisa kukerjakan. 2 soal lainnya adalah tentang membuat program, entah kenapa, tiba2 aku merasa bingung, padahal biasanya aku lumayan bisa ketika menggarap soal seperti itu.

satu persatu temenku mulai keluar, dalam hati aku berkata "kok mereka bisa ya? apa bener mereka bisa? paling mereka keluar karena saking mumetnya...", begitulah perasaanku sambil menenangkan hatiku yang puyeng karena memikirkan 2 soal itu.

"waktu dah habis, jawaban dikumpulkan!", kata2 itu meluncur dari pengawas yang kebetulan duduk di sampingku. "ahh... sudahlah...", gerutuku. aku pun menyerahkan jawabanku dengan perasaan ingin menangis karena aku tidak cukup sukses di matakuliah yang kuandalkan untuk memberiku nilai A di semester ini.

ku evaluasi diriku, apa yang salah, lha wong ketika di rumah aku bisa mengerjakan kenapa pas ujian ga bisa?! setumpuk perasaan menyesal merayap ke dalam hatiku, perasaanku selalu mendorongku untuk berpikir "kenapa bisa begini?! kenapa???!!!"

perasaan itu akhirnya mendorongku pada memori tentang hidup yang selama ini dah kujalani. sebuah jawaban pun muncul, selama ini aku takut untuk mengetahui kekuranganku, aku takut untuk menyadari kejelekanku, sehingga aku berusaha menutupi atau kemudian hanya sekedar berpikir bahwa aku tidak seperti itu kok.

sebenarnya aku belum menguasai materi tersebut, bahkan aku sudah lama ga berlatih. ketika pikiran -bahwa aku belum menguasai- seperti itu muncul, seperti sebuah kekuatan motivasi baru timbul dalam diriku. perasaan bahwa kita masih banyak kekurangan itulah yang akan membawa kita kepada suatu motivasi untuk memperbaiki diri, ketika kita merasa sudah baik, motivasi itu seakan hilang, "ngapain belajar, wong dah bisa kok!"

masih ada 3 matakuliah lagi yang akan kutempuh. evaluasi diri itu sangat berguna untukku...

"Ya Allah, semoga Engkau memberikanku kemudahan dalam mengerjakan ujian, mendapatkan nilai yang memuaskan, memperoleh ilmu yang bermanfaat dan Engkau beri kekuatan untuk mengamalkannya sehingga aku bisa meraih jannahMu..."

saatnya belajar!!! :)'

13.46 20-06-2006 -ketika semangat itu mulai ada...-

No comments: