Wednesday, October 18, 2006

kadang perlu paksaan tuk berubah

usiaku kurang lebih 12 tahun waktu itu, menginjak kelas 6 SD. Usia itu adalah usia yang bagiku cukup mengasyikkan, masih sering maen ke kali nyari ikan, dari cethol sampe ikan wader bersama seorang sahabat setiaku yang biasanya kupanggil ketur. bermain memang menjadi aktivitas utamaku waktu itu...

tapi keasyikan itu sedikit terganggu, kakakku yang waktu itu mulai menginjak masa-masa SMA tiba-tiba berubah, jadi ualim banget, kalo sholat ke masjid. tak jarang pula terdengar suara adzan terlantun keras dari kamar kakakku. aku jadi sering diajak ma kakakku ke masjid untuk sholat berjamaah. sebel, nyebai!!! perasaanku waktu itu ketika masku mengajakku ke masjid. apalagi pas subuh, dengan mata yang masih kriyap-kriyip aku dipaksa untuk sholat berjamaah di masjid...huh!! sebel!! kadang aku ngeyel, ngapain to sholat ndadak ke masjid, mbok di rumah ga boleh po?!! paksaan kakakku yang begitu kejam(agak hiperbolis dikit...), mukul-mukul pake bantal, ditarik-tarik biar bangun tak akan pernah kulupakan... :)

waktu trus berjalan, kini aku sudah kuliah. tersenyum aku ketika mengingat masa kecilku... ah... sepercik syukur kupanjatkan padaNya, untung kakakku dulu sering memaksa aku tuk pergi ke masjid. memang aneh, keadaan seperti terbalik, sekarang menjadi aneh bagiku ketika tidak sholat berjamaah ke masjid, hati ini tidak tenang ketika tidak bisa menunaikan sholat berjamaah. terima kasih Ya Allah...

satu pelajaran yang aku ambil dari pengalaman itu. untuk berubah menjadi lebih baik, kadang dibutuhkan paksaan. pelajaran itu selalu kupegang sebagai prinsip dalam hidupku. aku yakin bahwa kadang memang dibutuhkan hal-hal seperti itu supaya kita menjadi lebih baik dari sebelumnya, naik ke level selanjutnya(kayak game aja...). prinsip itu akan terus menggelora dalam jiwaku. untuk memperoleh nilai yang lebih baik, kadang kita harus memaksa diri kita untuk belajar tekun. untuk meninggalkan kebiasaan yang buruk, kadang kita harus memaksa diri kita untuk meninggalkannya.

dulu kakakkulah yang selalu memaksaku untuk sholat ke masjid, selalu memaksaku untuk berbuat yang lebih baik. tapi sekarang aku sudah gedhe, sekarang dirikulah yang akan memaksa diriku, memaksa diriku supaya menjadi lebih baik... :)

No comments: